2021-02-11

RAKOR PENGEMBANGAN POTENSI BAWANG MERAH “GLOWING” DI NAWUNGAN- BANTUL

BPTP DI YOGYAKARTA
...

Dalam rangka mengoptimalkan potensi salah satu kawasan sentra bawang merah di Kabupaten Bantul, pada hari Kamis, 11 Februari 2021, dilakukan “Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Bawang Merah di Nawungan Selopamioro”. Acara diinisiasi oleh Bappeda kab Bantul bersama dengan Bank Indonesia Perwakilan D.I. Yogyakarta. Acara dibuka oleh Asisten II Bupati Bantul yang diikuti oleh SKPD terkait di tingkat provinsi dan kabupaten Bantul, meliputi Bank Indonesia, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih DIY, Balai Proteksi Tanaman Pertanian DIY, BPTP DI. Yogyakarta, Dinas Pertanian Pangan Kelautan & Perikanan provinsi DIY dan kabupaten Bantul, UPTD BPP Kab. Bantul, Kabid Ekosapras dan Dalitbang Bappeda Bantul, Kasubdid Ketahanan Pangan Bappeda Bantul dan Kasubdid Pengembangan Dunia Usaha Bappeda Bantul serta Ka. BPP Imogiri.

Dalam rapat koordinasi ini, disampaikan terkait rencana kegiatan Bank Indonesia dalam pengembangan kawasan Bawang Merah Selopamioro, yang akan dilaksanakan selama 3 tahun. Pada tahun I, akan dilakukan pembuatan demplot perbenihan bawang merah seluas 1 ha dan pembangunan gudang benih ukuran 7x12x 5 meter. Selanjutnya, pada tahun II akan dilakukan pembinaan mutu produk ramah lingkungan dan digitalisasi teknologi budidaya dan pada tahun ke-III akan dilakukan hilirisasi produk berupa penanganan pasca panen, pengolahan dan pemasaran hasil dengan menghubungkan produk bawang merah dengan wisata Cafe Bukit Dermo sebagai salah satu akses pemasaran.

Selanjutnya, dalam diskusi ini dilakukan penjaringan informasi terkait arah dan strategi pengembangan kawasan bawang merah Selopamioro yang kemudian akan dituangkan dalam dokumen management plan yang memuat peran dan kontribusi tiap SKPD dalam pengembangan kawasan bawang merah di Nawungan Selopamioro

Sub Sektor : Bawang merah
Komoditas : Hortikultura
Teknologi yang Digunakan :