2021-01-28

Manggot, Pakan Alternatif Sumber Protein untuk Ayam KUB

BPTP DI YOGYAKARTA
...

Pakan ternak khususnya ayam KUB kini tak lagi menjadi momok bagi para peternak saat menghadapi harga pakan yang semakin mahal. Sebab, kini ada teknologi budidaya maggot sebagai pakan alternatif sumber protein.

Selain menghasilkan maggot sebagai pakan alternatif diperoleh juga pupuk organik padat. Hal ini merupakan pemanfaatan limbah organik dari TPA Guwosari Pajangan Bantul. Dari limbah/sampah masuk ke TPA dipilah dari yang organik dan non organik, selanjutnya sampah organik dijadikan pakan maggot, kata Pak Nur pengelola TPA sekaligus praktisi magot.

Dari 1 gram telur maggot bisa menghasilkan 3 kg maggot dengan umur panen 12-14 hari. Pengaplikasian maggot ke ayam KUB, 50% pakan ransum (konsentrat, jagung giling, dedak) dan 50% maggot. Diberikan setelah umur ayam 3 minggu. Didapatkan bobot ayam dewasa siap jual sekitar 1,2kg dengan harga 35.000/kg, lanjutnya.

Dr. Soeharsono, S.Pt, M.Si kepala BPTP Yogyakarta dalam kunjungannya di TPA Guwosari Pajangan Bantul mengapresiasi maggot selain sebagai pakan alternatif sumber protein juga menghasilkan pupuk organik padat. BPTP Yogyakarta siap untuk melakukan pendampingan teknologi dalam pengembangan maggot dan ayam KUB, jelasnya (Pri 28012021)

Sub Sektor : Ayam KUB
Komoditas : Peternakan
Teknologi yang Digunakan :