2021-01-07

Panen Raya Padi Menor Serasa Wisata Sambanggo Kulonprogo

BPTP DI YOGYAKARTA
...

Selamat siang, dengan segala aktifitas disiang ini nagdimin mendoakan semoga kawan semua sehat dan sejahtera selalu.

Berbagi bahagia tentu sangat menyenangkan, apalagi berbagi info, turun menurun sambung menyambung mamfaatnya terasa. terkait hal tersebut admin berbagi info menyenangkan nih, yakni mengenai panen raya padi serasa wisata di bukit menoreh Kulon progo. Mongba! Mongba! (Monggo dibaca) Description: ????

Panen padi varietas Ciherang dan Inpari 42 diselenggarakan di lokasi Pronosutan, Kembang, Kapenewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 7 Januari 2021. Panen seluas 23 hektar, menghasilkan rata-rata produksi Ciherang mencapai 9,55 ton/ha GKP atau 8,22 ton/ha GKG dan produksi Inpari 42 mencapai 9,88 ton/ha GKP atau 8,49 ton/ha GKG. Panen raya dilakukan oleh Bupati Kulon Progo H. Sutedjo, didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo (Ir. Muh Aris Nugroho, MMA), Kepala BPTP Yogyakarta (Dr. Soeharsono), dan Dandim serta Kapolres Kulon Progo. Hamparan padi dengan view pegunungan Menoreh di Pronosutan ini sangat menarik dan menjadi Kawasan desa wisata layaknya Ubud, Bali.

Pada kesempatan panen raya ini, juga dilakukan uji organoleptik nasi dalam rangka proses pelepasan padi lokal Menor asal Kabupaten Kulon Progo. Uji rasa nasi dari padi beras Menor diikuti oleh lebih dari 30 panelis (peserta panen) termasuk Bupati Kabupaten Kulon Progo. Uji rasa padi Menor disandingkan dengan 3 varietas pembanding lainnya yaitu Pangestu, Menor A1 dan Sintanur. ( SW070121)

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :