2020-10-27

BPTP BALITBANGTAN YOGYAKARTA HADIR DALAM GERTAM PADI DI KECAMATAN SEMIN, GUNUNGKIDUL

BPTP DI YOGYAKARTA
...

BPTP Balitbangtan Yogyakarta hadir dalam Gerakan Tanam Padi Khusus di Kelompok Tani Ngudi Rahayu Dusun Kalangan Desa Kalitekuk Kec. Semin Kab. Gunungkidul, tgl 27 Oktober 2020. Gerakan tanam dihadiri oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan D.I. Yogyakarta dan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, penyuluh pertanian Kecamatan Semin, Polsek Semin, Koramil Semin dan para petani.

Acara diawali tanam padi. Tanam padi Inpari 24 menggunakan sistem tanam benih langsung. Inpari 24 merupakan varietas padi beras merah. Inpari 24 dipilih karena permintaan serta harga yang relatif lebih tinggi di kabupaten Gunungkidul.

Dr. Arif Anshori, perwakilan BPTP Balitbangtan Yogyakarta dalam sambutannya menekankan pentingnya pemberian pupuk organik pada lahan kering di Kabupaten Gunungkidul. Lahan kering biasa dicirikan dengan kandungan bahan organik rendah. Pengelolaan pertanaman padi harus benar-benar diperhatikan, meliputi komponen teknologi yang ada di dalamnya. Pasca panen diperhatikan. Pemasaran beras Inpari 24 dilakukan secara khusus agar memberikan keuntungan lebih tinggi bagi petani.

Anita Windrati, SP, MMA, Kasi Produksi dan Pengelolaan Lahan dan Air Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan D.I. Yogyakarta menekankan pentingnya petani dalam mengakses informasi iklim di Kabupaten Gunungkidul, mengingat sebagian besar lahan mengandalkan curah hujan. Informasi tentang kejadian iklim khusus harus menjadi perhatian, termasuk el nino ataupun la nina.

Ir. Bambang Wisnu Broto, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Gunungkidul mengatakan bahwa semua lahan pertanian di Kabupaten Gunungkidul sudah tertanami pada akhir bulan Oktober 2020. Stok pupuk terpenuhi, sebagian besar telah sampai kepada petani. Petani dapat mengelola lahan pertanian sesuai rencana, diharapkan memberikan hasil tinggi (AA-28/10/20)

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :