2019-06-21

BPTP BALITBANGTAN YOGYAKARTA BERPARTISIPASI DALAM TEMU TEKNIS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN LINGKUP KEMENTERIAN PERTANIAN

BPTP DI YOGYAKARTA
...

Kegiatan Temu Teknis Pengelola Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian dilaksanakan di Hotel JW Marriot, pada tanggal 18-21 Juni 2019, kegiatan ini diadakan dengan tema “Revitalisasi Pustakawan Dalam Pengelolaan Perpustakaan Pertanian di Era Industri 4.0” di Surabaya, yang diikuti oleh 100 orang yang mencakup pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan/pengelola perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian dan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Dr. Ir. Leli Nuryati, M.Sc.
Pustakawan di perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian dituntut untuk menyusun program perpustakaan yang inovatif dalam rangka meningkatkan prpustakaan UK/UPT. Tidak jarang pustakawan juga bekerja sebagai one person library atau pustakawan multitasking dalam mengelola perpustakaan. Oleh karena itu, PUSTAKA sebagai instansi pembina pustakawan lingkup Kementan terus berupaya dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme pustakawan agar mampu berkompetisi, berdaya saing, dan memberikan kinerja optimal.

Sebagai salah satu langkah meningkatkan kompetensi pustakawan dan kinerja pengelolaan perpustakaan di lingkup Kementerian Pertanian, setiap tahunnya PUSTAKA menyelenggarakan kegiatan Temu Teknis Pengelola Perpustakaan.Dalam kegiatan tersebut ada beberapa narasumber yang berasal dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Gajah Mada (UGM), CNN Indonesia, dan Pusat Perpustakaan Penyebaran Teknologi Pertanian. Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan media pembelajaran berupa materi-materi yang berhubungan dengan pengelolaan perpustakaan untuk pustakawan dan pengelolaan perpustakaan. Tujuan lainnya yaitu mengenalkan aplikasi INLISLite untuk pengelolaan perpustakaan digital sehingga dapat mendayagunaan secara optimal koleksi perpustakaan di lingkup Kementan agar mudah diakses dalam rangka meningkatkan kemampuan penyediaan informasi oleh para pustakawan kepada penggunaannya, baik peneliti, penyuluh, pejabat, dan masyarakat umum (Dwi-25/06/19).

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :